Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Nullam eu est quis enim commodo aliquet. Vestibulum eleifend venenatis massa. Curabitur rutrum accumsan felis. Pellentesque habitant morbi tristique senectus et netus et malesuada fames ac turpis egestas. Phasellus ut augue eu purus iaculis viverra. Maecenas vehicula dictum diam.

Polisi Tidur Babarsari Tidak Efektif

Gangguan pada jalan raya sering kita temui di jalan, seperti halnya polisi tidur yang terdapat di Jalan Babarsari, Sleman, DIY. Fenomena ini jelas mengganggu aksesbilitas dan kenyamanan para pengguna jalan raya serta menimbulkan antrian. Pembangunan infrastruktur jalan raya ini bisa dikatakan tidak efektif, jika dilihat sebelum dan sesudah pembuatan polisi tidur.
Akar permasalahannya adalah Tindakan yang kurang jelas dari pihak-pihak yang terkait dalam pembuatan polisi tidur ini, yang mengakibatkan penurunan tingkat pelayanan jalan di setiap waktu.
Kecepatan dan volume kendaraan pun menurun, dan dapat dikatakan rendah. Menurut hasil penelitian Jurusan teknik sipil Universitas Atma Jaya, pengaruh polisi tidur membuat para pengemudi pada jarak mendekati sudah mengurangi kecepatan. Kecepatan aliran bebas tanpa polisi tidur rata-rata 38.095 Km/jam dan di daerah polisi tidur 5.561 Km/jam. Sedangkan untuk volume kendaraan aliran bebas tanpa polisi tidur rata-rata 11.163 kendaraan/jam dan di daerah polisi tidur 1.196 kendaraan/jam.
Dari kejadian semacam ini, perlu dilakukan pemahaman dasar tentang pembuatan infrastruktur jalan raya. Kebijakan ulang tampaknya harus dilakukan, mengingat perbedaan yang jelas ketika sebelum dan setelah pembuatan polisi tidur. Sehingga dapat mengembalikan fungsi Jalan Babarsari seperti semula tanpa polisi tidur.

F. BRIAN RANGGA K.

153070080 / C
File Under:

0 kOmeNtaR: