Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Nullam eu est quis enim commodo aliquet. Vestibulum eleifend venenatis massa. Curabitur rutrum accumsan felis. Pellentesque habitant morbi tristique senectus et netus et malesuada fames ac turpis egestas. Phasellus ut augue eu purus iaculis viverra. Maecenas vehicula dictum diam.

Berita atau hiburan semata

Talkshow jurnalistik yang diadakan pada hari selasa 10 maret 2009, pkl.10.00 di UPN”V”Yogyakarta mengawali pembukaan Communication Freak 2009 yang dihadiri diantara lain bapak Sasa Djuarsa Sendjaja selaku(ketua kpi), Raldy Doy (corporate Communication TV One), Erika Andriarini (ex produser pelaksana program silet di rcti), serta di dampingi moderator oleh bapak Agung Prabowo (Akademisi Komunikasi UPN”v”yk). Dalam seminar tersebut dibahas bagaimana perkembangan televisi di Indonesia, kaidah jurnalisme, sampai pada tujuh dosa media yang semuanya itu di jelaskan oleh bapak Sasa Djuarsa. Beliau mengatakan bagaimana dampak negativ jika kita menonton infotainment dan menyarankan agar tidak menontonnya. Walaupun beliau melarang menonton infotainment, tapi Kpi selaku Komisi Penyiaran Indonesia tidak bisa menghilangkan acara infotainment dari televisi. Karena pada kenyataannya acara televisi yang memiliki rating tertinggi justru pada acara infotainment, seperti contohnya silet program televisi yg mengupas habis berita yang terjadi di kalangan masyarakat, mempunyai rating yang cukup tinggi yaitu sekitar 3,2 persen dibandingkan dengan acara-acara lainnya. dapat di artikan bahwa sebagian masyarakat masih sangat menggemari acara infotainment.

menurut Erika andriarini selaku produser program infotainment ada gossip di sctv mengatakan jurnalisme infotainment merupakan suatu berita sekaligus sebagai hiburan, banyak kontroversi mengatakan jurnalisme infotainment tidak pantas dikatakan jurnalistik, karena para jurnalismenya dalam mencari berita tidak berdasarkan kaidah-kaidah jurnalistik yang ada. Tapi Erika membantah jika semua jurnalisme infotainment seperti itu, karena semakin banyaknya infotainment yang hadir di Indonesia maka semakin banyak pula para jurnalisme yang tidak di bekali oleh kaidah-kaidah jurnalistik karena semuanya serba instant dan seadanya yang penting dapat berita papar Erika. Raldy Doy selaku (corperate communication TV One) mengatakan tv one sebagai salah satu tv berita di Indonesia. Karena berita sudah menjadi kebutuhan setiap masyarakat tinggal bagaimana kita mengemasnya dan menampilkannya. Berita dapat dikatakan layak jika ada nilai-nilai berita yaitu 5W+1H, selain itu media dan berita adalah pilar demokrasi dan tugaz berita adalah mengangkat kebenaran.

talkshow ini sangat membantu agar supaya acara infotainment yang sering disiarkan televisi swasta bisa disikapi oleh masyarakat sebagai program televisi yang melihat sisi kehidupan yang terjadi saat ini dan sebagai modal pembelajaran juga bagi yang menontonnya.

Muhammad mulyadi(153070329)


File Under:

0 kOmeNtaR: