Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Nullam eu est quis enim commodo aliquet. Vestibulum eleifend venenatis massa. Curabitur rutrum accumsan felis. Pellentesque habitant morbi tristique senectus et netus et malesuada fames ac turpis egestas. Phasellus ut augue eu purus iaculis viverra. Maecenas vehicula dictum diam.

PROFIL

SI SATE MANIS
Sate manis ialah sate yang terdiri dari sate lemak,sate gajih,dan sate daging yang semua rasanya serba manis.Dahulu makanan khas Yogyakarta ini digemari masyarakat yogya, akan tetapi sate maniskini tersisihkan oleh makanan modern,akan tetapi keberadaannya masih diminati beberapa orang penikmat sate ini.
Nama Suharti mungkin sudah sering kita dengar, akan tetapi suharti yang satu ini bukanlah seorang pengusaha ayam goring yang terkenal itu, melainkan seorang penjual sate manis yang setiap hari berjualan di samping pasar Bringharjo.ia membantu mencari nafkah untuk keluarganya, suaminya yang hanya seorang buruh tani, sedangkan ketiga anaknya masih sekolah, Suharti rela bating tulang agar bisa menyekolahkan anaknya hingga SMA,”atau kalau bisa sampai kuliah,seperti mas ini”ujarnya sambil tersenyum. Suharti adalah salah satu penjual sate manis yang masih bertahan, Suharti telah berjualan semenjak pasar Baru masih ada,lalu ia pindah ke pasar bringharjo”lebih ramai”, katanya.ia menghabiskan masa tuanya dengan brjualan sate manis,pagi pagi sekali ia sudah berbelanja keperluan (bahan) untuk membuat sate manis yang ia beli di pasar Pagi. Dari daerah tempat tinggalnya di daerah kalasan,ia mulai mempersiapkan diri pagi pagi berangkat ke pasar Bringharjo,.
Sate manis keberadaannya semakin terpinggirkan oleh makanan makanan modern saat ini,”mungkin nanti cucu cucu saya tidak kan mengenal dan menikmati sate manis ini”, ujarnya lirih. Suharti berharap agar masyarakat tidak lupa akan keberadaan sate manis ini, ia tetap tersenyum walaupun dagangannya kalah dengan makanan modern, ia tetap bersyukur masih ada yang mau menikmati manisnya sate ini.
Suharti sangat senang denagn keberadaan Yogyakarta saat ini, “yogya sekarang makin maju mas, sudah ada bus trans yogya,jadi saya gampang pulang pergi,tidak cape,ada ACnya lagi”,katanya sambil tersenyum. Suharti ingin berjualan sate manis ini sampai ia tidak sanggup lagi untuk berjualan,ia ingin melestarikan makanan yang unuk ini, agar anak cucu kita nanti bisa menikmati manis dan lezatnya sate manis ini.

ANGGA FADILLAH
153070385
ILMU KOMUNIKASI
File Under:

0 kOmeNtaR: